Jumat, 03 Agustus 2018

Menciptakan Inovasi Baru Di Desa Arok Dengan Pemanfaatan Serbuk Bambu Menjadi Lukisan


Serbuk bambu atau biasa dikenal sebagai limbah bambu dari meubel atau tempat-tempat pemotongan bambu yang ada di sekitar Desa Arok biasanya hanya dibakar atau dibuang begitu saja tanpa ada pemanfaatan. Padahal sebenarnya, banyak sekali manfaat dari serbuk ini yang bisa di maksimalkan oleh masyarakat seperti pembuatan pigura, hiasan, dan barang-barang berguna lainnya. Kali ini kita mencoba memberikan pelatihan untuk membuat karya seni berupa lukisan dari sebuk bambu tersebut. Pembuatannya cukup mudah, langkah pertama yaitu dimulai dari proses pewarnaan serbuk. Media yang kita gunakan cukup sederhana yaitu kertas dengan ketebalan 200 gsm, selanjutnya bentuklah pola sesuai dengan keinginan diatas media kertas. Setelah pola selesai digambar, kita akan memasuki proses pengeleman. Pemberian lem cukup rumit karena harus mengikuti pola yang sudah di gambar, tahap ini sangat berkaitan dengan penaburan serbuk, sebab jika pengeleman tidak rapi maka akan sangat berakibat pada kerapihan dan ketebalan dari serbuk bambunya.
Di beberapa tempat sudah ada seniman yang mengangkat serbuk ini sebagai salah satu karyanya yang sangat diminati di pasaran. Sehingga dangan adanya pelatihan ini dapat menumbuhkan minat masyarakat terutama kaula muda untuk lebih meningkatkan kreatifitas dan pemanfaatan bahan yang terbuang sia-sia. Senin (30/07/2018)


0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html