Jumat, 10 Agustus 2018

Semangat 45 Arok




Menjelang hari ulang tahun (HUT) Ke-73  Indonesia, berbagai persiapan dilakukan untuk memeriahkan hari yang istimewa tersebut. Untuk memperingatinya, setiap kota di Indonesia memiliki cara sendiri. Selain identik dengan upacara, hari spesial ini juga dimeriahkan oleh lomba-lomba khas 17 Agustus. Tidak terkecuali kelompok KKN 102 UTM 2018 merayakan moment kemerdekaan ini di desa Arok Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan bersama perangkat dan masyarakat desa. Antusiasme masyarakat terlihat dari bnyaknya peartisipasi para warga untuk mengikuti perlombaan. Hal ini dikarenakan belum ada perlombaan yg diselenggarakan sebelumnya dalam memperingati hari lemerdekaan. Bukan sekadar lomba, para panitia kelompok KKN 102  penyelenggara  juga menyiapkan hadiah untuk para pemenangnya. Lelaki maupun perempuan dewasa serta anak-anak juga ikut berpartisipasi. Meski kerap dilakukan hampir setiap tahun, tak banyak masyarakat Indonesia yang sadar asal mula tradisi perayaan 17 Agustus tersebut. Ternyata beberapa jenis perlombaan sebenarnya memiliki sejarah dan filosofi tersendiri.
Namun, hingga kini tidak diketahui siapa tokoh pelopor di balik tradisi perlombaan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia tersebut. Pastinya perlombaan 17 Agustus mulai sering dilakukan sekira 1950-an. Hal itu dibenarkan saat melihat gambar-gambar pada masa kolonial Belanda. Ulang tahun Djawa Baroe misalnya, tepat saat Jepang datang pada Maret 1942, juga dirayakan dengan lomba-lomba seperti tarik beban berat ataupun lomba kuda-kuda. Bahkan Presiden pertama Indonesia, Soekarno, kala itu sangat antusias dengan masyarakat. Ia juga menandatangani buku untuk dijadikan hadiah lomba. Seperti menjadi tradisi, aneka lomba selalu hadir menyemarakkan kemeriahan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tida terlepas juga di desa Arok Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan Mulai dari Balap kelereng, makan kerupuk,tiup tepung,estafet air,balap balon,memasukkan paku dalam botol serta lomba lari tampah biat ibu - ibu.Tua, muda, dan anak-anak bakal ikut serta dalam aneka perlombaan yang digelar setiap 17 Agustus ini. Hingga hari ini, lomba-lomba tersebut masih hadir dan mendapat banyak antusias dari masyarakat. Semoga perayaan lomba 17 Agustus ini tak akan luput oleh zaman. Merdeka!

4 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html