Rabu, 16 Januari 2019

“KERUPUK REBUNG” Olahan Baru Mahasiswa KKN 07 UTM



Kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang menjadi salah satu mata kuliah yang wajib di tempuh oleh mahasiswa tingkat akhir seperti yang dijalani oleh mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura. Kali ini KKN 07 UTM memilih desa yang berlokasi di Kecamatan Burneh di Desa Arok Bangkalan, hal ini merupakan satu bentuk upaya mahasiswa dalam membangun desa tersebut dengan banyaknya program kerja yang sudah direncanakan sebelum KKN dilaksanakan. Salah satu program kerjanya adalah mengolah sumber daya alam yang ada di Desa Arok.  

Desa Arok terkenal akan kekayaan bambunya yang melimpah ruah, bahkan hampir seluruh penjuru desa tersebut dipenuhi dengan bambu, dalam hal ini KKN 07 ingin memanfaatkan kekayaan tersebut dengan membuat sebuah olahan makanan yang dapat dijadikan satu makanan has yang dapat menjadi identitas Desa Arok, seperti yang sudah diketahui kekayaannya akan bambu. KKN 07 merencanakan pembuatan kerupuk rebung atau bisa disingkat dengan KRUBUNG sebagai produk unggulan dari salah satu program kerjanya. KRUBUNG ini berbahan dasar rebung atau tunas bambu yang masih muda dengan dicampur bahan-bahan untuk membuat olahan kerupuk. selain rasanya yang renyah KRUBUNG ini mempunyai berbagai macam varian rasa seperti balado, jagung bakar,barbeque dan original dan tentunya dengan manfaat rebung dapat menununkan berat badan, mencegah penyakit kolesterol, kanker, dan jantung.


Foto acara sosialisasi pembuatan kerupuk rebung (KRUBUNG) dengan ibu-ibu PKK desa Arok

Harapan dari olahan baru ini dapat meningkatkan perekonomian Desa Arok dengan lebih memanfaatkan sumber alamnya. “ Bambu adalah identitas dari Desa Arok, oleh karena itu kita dari KKN 07 memanfaatkan sumber alam tersebut dengan membuat olahan krupuk rebung dan di sosialisasikan pada ibu-ibu khususnya anggota PKK, agar dapat dimanfaatkan olah warga Desa Arok dalam membantu perekonomiannya” terang Adib Hidayatullah, mahasiswa Ilmu Komunikasi tersebut.

Di tulis oleh : Khilatul Ummah


0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html